Sedikit mengenal Rastafaria

This post is also posted by me on KASKUS on 30-11-2008, 09:05 AM
Ganja bagi pengikut Rasta
Pengikut gerakan rasta selalu menghisap marijuana. Akan tetapi marijuana sendiri dahulunya tidak tumbuh di Jamaica. Ada kemungkinan yang sangat besar bahwa bangsa India yang pada abad ke 19 yang bekerja di Jamaica lah yang membawa berbagai macam obat-obatan, termasuk marijuana. Karena setelah diteliti, ternyata kata GANJA itu sendiri berasal dari bahasa sanskrit.

Para penganut rasta tidak hanya menghisap ganja untuk kesenangan. Bagi mereka, ganja adalah rempah-rempah, karena menurut mereka, ketika mereka telah menghisap ganja, maka mereka bisa lebih dekat dengan Tuhan. Oleh karena itulah di setiap upacara-upacara keagamaan para pengikut rasta selalu menghisap ganja. Para pengikut rasta juga mengaitkan GANJA dengan "rumput suci" yang terdapat di dalam Bibel.

gambar Bob Marley sedang menghisap ganja


Warna Rasta


warna rastafaria

Warna-warna yang sering digunakan oleh para pengikut rasta adalah: MERAH, HITAM, EMAS(kuning), dan HIJAU. Warna-warna ini sebenarnya berasal dari 2 bendera, yaitu: Bendera nasional bangsa Ethiopia dan Bendera Gerakan Pembebasan Marcus Garvey.

Bendera Ethiopia berwarna: Merah, Kuning, dan Hijau


gambar bendera Ethiopia


Bendera Gerakan Marcus Garvey berwarna: Hitam, Hijau, dan strip Merah


Bendera Gerakan Marcus Garvey

Bendera gerakan pembebasan itu sudah ada sejak tahun 1920 sebagai simbol rakyat Afrika, tapi pada 2000 tahun yang lalu, Kaisar Afrika juga telah menggunakan warna ini sebagai simbol eksistensi mereka. Arti Tiap Warna pada Bendera:

MERAH : Warna merah melambangkan pertumpahan darah pada pemberontakan dalam sejarah Afrika dan Jamaica.

HITAM : Warna hitam melambangkan warna kulit orang-orang Afrika

HIJAU : Warna hijau melambangkan vegetasi di Jamaica dan Ethiopia. Warna hijau juga melambangkan harapan dan kemenangan dari segala tekanan dan masalah yang ada.
EMAS (kuning) : Warna emas (kuning) melambangkan kekayaan dan kegemilangan Ethiopia dan Afrika.

Rambutmu adalah Statusmu
Di dalam wilayah Karibia dahulunya masalah rasial (SARA) masih merajalela, yang dapat dibagi ke dalam 3 kategori:

1. orang kulit putih
2. orang kulit berwarna
3. orang kulit hitam

Jadi posisi seseorang di dalam sebuah masyarakat pada masa itu sangat ditentukan oleh warna kulit, bentuk hidung, dan rambut. Jadi keinginan untuk setara dengan kelas masyarakat di atasnya memaksa orang kulit hitam untuk meluruskan rambutnya yang keriting, dan pada saat itu mereka selalu mencobanya dengan menumbuhkan rambutnya secara DREADS, dan karena itulah rambut gaya gimbal dikenal dengan nama keren DREADSHAIR.


gambar Bob Marley dengan gaya rambut DREADSHAIR

Note: disadur dan diterjemahkan dari majalah science QUEST berbahasa Belanda

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home


Yellowlightdistrict © 2007-2009 | Template by ilhamsaibi | Modified by nederindo