KASKUS; nama baik di ujung tanduk!

(sebelum komentar, baca dulu sampai habis!)

To the point!


Gw kenal kaskus pertama kali (masih kaskus.com pada saat itu) pada akhir 2004, dan pada pertengahan tahun 2005 gw putuskanlah untuk join kaskus dengan mendaftar jadi member (free member). Pada saat itu yang membuat gw betul-betul ingin menjadi member adalah karena semua info yang ada di kaskus sangatlah original dan bermanfaat dalam berbagai hal. Di samping itu, member-member nya pun sangat sopan dan bijak dalam berhubungan dengan sesama member. Tidak hanya itu, para momod (moderator) dan mimin (administrator) nya pun juga sangat bijak serta ketat dalam menjaga "kebersihan" kaskus.

Satu-satunya kekurangan kaskus pada saat itu adalah akses yang sangat lambat, mungkin karena space di server yang masih seadanya atau apalah gw ga tau. Intinya, selain masalah kecepatan dalam mengakses, tidak ada sisi negatifnya.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan kaskus ternyata semakin diakui dan benar-benar besar (karena emang, kaskus pada waktu itu sangatlah OK T.O.P B.G.T!!! Sampai pada akhirnya kaskus harus mengganti extension domainnya dari kaskus.com menjadi kaskus.us, kabarnya diganti karena domain yang lama (yang masih .com) diserang virus dan tidak terselamatkan. Wajarlah, kaskus saat itu OK BGT, jadi wajar kalau banyak pihak yang IRI dengan kesuksesan dan nama besar kaskus.

Tak lama setelah kaskus mengganti extension domain menjadi kaskus.us, gw udah mulai jarang main-main ke kaskus karena sibuk dengan urusan-urusan studi dan kerja. Dan belum lama ini, di tahun 2008 gw mulai aktif lagi main-main di kaskus. Betapa girangnya gw melihat tampilan kaskus yang makin OK dan semakin banyak subforum yang semakin spesifik dengan apa yang kita minati. Tidak hanya itu, membernya pun semakin banyak.

Hari-hari mulai aktif lagi di kaskus sangatlah menyenangkan, "akhirnya gw bisa lagi menikmati kesenangan dan kebersamaan main di forum cyber tercinta".

Tapi lama-kelamaan setelah gw aktif lagi main di kaskus, kok gw ngerasa ada yang berubah ya!? Makin banyak aja postingan-postingan yang hasil COPAS (copy paste) dari tulisan orang atau dari blog-blog lain, semakin banyak aja reply-an yan yang GA PENTING, cuma ngejar PERTAMAX (istilah yang digunakan ketika member yang bersangkutan adalah orang pertama yang membaca dan me-reply postingan yang baru diposting) tanpa membubuhkan komentar atau pendapatnya yang berkaitan dengan isi dari postingan tersebut. Tidak hanya itu, ketika masuk ke subforum "Lounge Pictures" isinya RATA-RATA pornografi semua!!! Pindah main ke forum jual beli (FJB), ternyata semakin banyak aja buyer yang komplain dengan perilaku seller yang TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, apakah itu penipuan barang tidak dikirim sampai ke alamat buyer atau sekedar mengirimkan barang dalam kondisi cacat atau tidak sesuai dengan gambar dan keterangan yang dicantumkan di forum.

Lama-lama gw kepikiran "ini bukan 100% kesalahan members, karena kalau members berperilaku jelek seperti itu, bisa saja dia newbie (anak baru) yang memang tidak terlalu memahami peraturan di kaskus, atau memang member yang berniat jahat sengaja ingin melanggar peraturan forum".

Yang gw sayangkan dalam masalah ini adalah: keberadaan dan wibawa para moderator dan administrator yang bertugas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan member di dalam pergaulan di forum TIDAK TERASA!! Kenapa bisa begini??? Sangat gw sayangkan sekali hal ini, karena kaskus yang sama-sama kita cintai udah punya nama besar loh, bahkan sampai ke pelosok luar negeri! Apa kita cukup puas dengan NAMA BESAR saja tanpa menjaga KESUCIAN dari nama besar itu? Kalau masalah ini tidak segera diselesaikan, lama-lama nama besar yang telah diraih oleh kaskus bisa menjadi BOOMERANG yang akan berakibat fatal bagi eksistensi kaskus!

Note: gw lebih memilih posting masalah ini di BLOG PRIBADI, karena kalau posting di kaskus nantinya postingan gw cuma jadi lahan untuk REBUTAN PERTAMAX dan REPLY SAMPAH yang hanya bertujuan untuk +1.

PS untuk para momod ato mimin yang sempet baca postingan ini:
Terserah kalian berpendapat apa, gw nulis ini karena gw PEDULI ama kaskus, karena gw masih BANGGA jadi kaskuser! Namun kalau sekira postingan gw ini dianggap sebagai propaganda pelecehan nama baik kaskus, tolong tinggalin pesan di COMMENT biar gw DELETE postingan gw ini, dan mari sama-sma kita lihat kaskus beberpa tahun ke depan, makin besarkah nama kaskus atau justru sebaliknya!?

SALAM KASKUSER juragan!!!!

Labels: ,

1 Comments:

At April 14, 2009 at 12:23 AM , Anonymous Teddy said...

salut gan. kritik lu bisa membangun kaskus untuk menjadi lebih baik. salam kaskuser. visit my blog if u have couple of minutes

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home


Yellowlightdistrict © 2007-2009 | Template by ilhamsaibi | Modified by nederindo